Kamis, 10 November 2011





UP DATE KESAKTIAN PANCASILA

                                                  Oleh : Muhamad Faisal Pataha, S.Kom
                                                     E-Mail : mfaisalp161@gmail.com


            Latar Belakang


bagaimana cara mengupdate kesaktian pancasila pada genari muda di era informatika  ?

Kesaktian Pancasila sudah tidak dapat kita bantah lagi kesaktiannya hal itu telah terbukti sejak dulu sampai sekarang ini, Pancasila merupakan ideologi bangsa yang harus kita junjung tinggi keberadaannya dan harus kita jaga dengan titik darah terakhir kita sebagai generasi muda penerus perjuangan generasi sebelumnya. Dengan pancasila mereka telah mempersatukan seluruh perbedaan yang ada di Negara Indonesia yang tercinta ini, dan sudah banyak ancaman yang pernah mencoba untuk mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlalu banyak ancaman yang ditujukan untuk memecah belah persatuan negara Indonesi yang tercinta ini tetapi selalu bisa di kalahkan oleh ideologi bangsa kita yang sangat sakti yaitu Pancasila. Yang jadi pertanyaan kita saat ini apakah  pancasila itu masih bisa dikatakan  sakti ?  berdasarkan bukti nyata yang terjadi belakangan ini kesaktian pancasila mulai luntur. Salah satunya yaitu pengaruh teknologi yang telah mengancam dasar negara dan ideologi suatu bangsa, dalam hal ini dasar negara dan ideologi Republik Indonesia yang tercinta ini. Apakah hanya dengan kemajuan teknologi di era informatika saat ini dapat mengkotak – kotakan kembali Negara yang tercinta Indonesia ini untuk kali yang kesekian kalinya ? saya sebagai generasi muda Negara Indonesia yang tercinta ini, saat ini tidak akan pernah mau lagi untuk di kotak – kotakan karena dari sabang sampai merouke kita adalah satu, dengan persatuan kita akan kuat dan ditakuti oleh seluruh bangsa yang coba untuk merongrong keutuahan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta ini.

Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila yang menjadi dasar pemersatu bangsa Indonesia yang tercinta ini dibagi kedalam lima kesaktian atau lima sila diantaranya :
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa.
2.      Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap.
3.      Persatuan Indonesia.
4.      Kerakyatan Yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan
5.      Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Kenapa teks pancasila saya uraikan ? itu sangat beralasan karena hampir sebagian besar generasi muda indonesia saat ini belum terlalu mengetahui atau menghafal apa lagi untuk memahaminya dan menerapkannya kedalam kehidupan sehari – hari, sebagai suatu ideologi bangsa. Hal ini merupakan ancaman secara tidak langsung terhadap persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang secara nusantara telah dipersatukan dan diwariskan kepada kita oleh generasi – generasi sebelumnya.

Di era informatika saat ini kemajuan teknologi sudah tidak dapat dibendung lagi karena hampir setiap menit pasti akan muncul ide – ide baru baik tentang pengembangan maupun penemuan berkaitan dengan suatu teknologi, hal ini dampaknya sangat luas hampir di semua bidang kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, baik yang mengancam ataupun yang mendukung dan generasi muda sebagai unjung tombak suatu bangsa yang sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa itu sendiri, apabila generasi mudanya buruk maka dapat dipastika masa depan negara  atau bangsa itu pasti akan buruk juga tetapi sebaliknya jika generasi mudanya baik, maka masa depan bangsa itu pun akan baik, hal itu tidak dapat kita pungkiri lagi karena nntinya yang akan melanjutkan tongkat estafet untuk memajukan bangsa ini adalah generasi muda itu sendiri, Generasi muda saat ini berbeda dengan generasi muda sebelumnya hal ini dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya kemajuan di bidang teknologi,  yang sudah masuk ke semua sisi kehidupan generasi muda saat ini. Terutama generasi muda Negara Indonesia yang tercinta yang dapat dilihat sekarang ini nilai – nilai nasionalismenya sudah mula luntur, digantikan dengan hal – hal dari luar yang  kurang baik bahkan salah untuk diterapkan di indonesia tetapi kita sebagai generasi muda tidak bisa diam saja, harus ada sesuatu yang kita lakukan karena sesuai dengan pribahasanya “Jangan tanyakan apa yang kamu dapatkan tetapi tanyakan apa yang kamu berikan”.

Kemajuan teknologi dapan kita kelompokan menjadi dua kelompok yaitu ada sisi negatifnya tetapi ada juga sisi positifnya, hal ini dapat kita bedakan sesuai dengan dari mana sudut pandang kita memandangnya dan menyikapinya dari kemajuan teknologi itu sendiri, di era informatika saat ini kita tidak mempunyai kemampuan atau bahkan kita tidak berdaya untuk membendung apa lagi untuk menghalangi kemajuan teknologi saat ini, tapi yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita bisa  dan mampu untuk mendorong generasi muda saat ini untuk dapat mengetahui bahkan untuk mengimplementasikannya ke dalam kehidupannya sehari – hari dan bagaimana kita melibatkan generasi muda saat ini untuk turut berpartisipasi kedalam perkembangan teknologi yang terjadi. Sebagai contoh didalam artikel ini saya berikan satu contoh implementasi sederhana yang berkaitan dengan membudayakan pancasila didalam era informatika saat ini misalnya kita mendesain tamplate pada sebuah Search Engine  yang berdasarkan pengamatan saya cukup banyak digunakan oleh masyarakat indonesia saat ini. Yang kita desain dengan tema Pancasila atau tema apapun yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme dari generasi muda saat ini. Oleh karena itu saya mencoba menguraikan cara pengaplikasian tamplate Pancasila ini, jangan dilihat dari tampilannya tapi dilihat dari manfaatnya sebagai sarana pemersatu dan penumbuh kembangan sikap nasionalisme generasi muda Indonesia.


Contoh pemanfaatan teknologi

Adapun cara penginstalannya adalah sebagai berikut :

  • Kemudian akan diarahkan ke Link “See all 180.000 +”
           http://www.mozilla.org/en-US/firefox/customize/#style



  • Kemudian pilih kategori Solid atau bisa langsung menggunakan bantuan Search dengan mengetikkan “pancasila”, kemudian untuk mengaktifkannya klik “Wear It”.

  •  Maka tampilannya akan berubah seperti berikut secara otomatis, dan siap unutk di gunakan seperti gambar di bawah ini.

  •   Maka tampilannya akan berubah seperti berikut secara otomatis, dan siap unutk di gunakan seperti gambar di bawah ini.

  • setelah di klik wart it maka secara otomatis akan berubah, maka dapat kita lihat tampilannya sebagai berikut.


Demikianlah uraian singkat saya mungkin jika terdapat kekeliruan atau ketidak kesesuaian bisa langsung menulis pertanyaannya di komentar yang ada pada bagian bawah.


Kita sebagai generasi muda saat ini tidak perlu takut dengan perkembangan teknologi yang terjadi pada saat ini, tetapi bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara positif  karena hal yang sederhana merupakan suatu yang bermanfaat jika di manfaatkan secara maximal untuk kepentingan banyak orang. Contoh yang saya sampaikan diatas hanya sebagai cara kecil untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dikalangan generasi muda saat ini dengan menggunakan media sederhana dengan harapan dapat diimplementasikan oleh banyak orang karena sebenarnya masih banyak media lainnya yang dapat kita manfaatkan yang lebih canggih maupun yang lebih menarik dan semuanya tergantung kita sendiri mau berperan didalam membangun bangsa kita ke arah yang lebih baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada sebagai sarana untuk mengarahkan teman – teman, saudara, dan keluarga kita untuk mempertahankan keutuhan bangasa dan negara yang tercinta ini, karena kita adalah generasi muda bangsa yang wajib dan harus menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Daftra Pustaka


                         http://www.mozilla.org/
                         
                         http://www.google.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar